Fungsi Database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) Pada Excel
Fungsi Database Excel
Fungsi/Rumus Database Excel - Meskipun fungsi utama office excel bukanlah untuk pengelolaan database, namun bukan berarti excel tidak bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Terlebih excel sendiri secara default sudah menyediakan beberapa fungsi database khusus yang dapat dipergunakan untuk pengelolaan sebuah database.
Database sendiri dapat diartikan sebagai sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi/terkait sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola dan mendapatkan informasi yang diperlukan.
Pada Office Excel database merupakan:
sekelompok data pada range data atau rentang sel tertentu yang saling terkait serta telah disusun sedemikian rupa dimana baris pertama berisi Label untuk masing-masing kolom yang disebut sebagai Field (Bidang Data) dan baris-baris berikutnya biasa disebut sebagai Record (Rekaman data).
Membaca istilah field tentunya sudah tidak asing lagi apabila sebelumnya anda sudah membaca tutorial excel kami tentang Pivot Table.
Setidaknya ada 12 fungsi yang dikategorikan sebagai Fungsi Database Excel atau sering juga disebut sebagai Fungsi D, fungsi-fungsi excel tersebut antara lain:
- Fungsi DSUM
- Fungsi DAVERAGE
- Fungsi DMAX
- Fungsi DMIN
- Fungsi DCOUNT
- Fungsi DCOUNTA
- Fungsi DGET
- Fungsi DPRODUCT
- Fungsi DSTDEV
- Fungsi DSTDEVP
- Fungsi DVAR
- Fungsi DVARP
Pada tutorial excel kali ini anda akan kami ajak untuk belajar 6 fungsi Database. Sebagian lainnya akan kita pelejari lain waktu. Fungsi-fungsi excel dimaksud adalah Fungsi DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan fungsi DCOUNTA.
Komentar (0)
Posting Komentar