Cara Menggunakan Rumus Database Excel Dengan Banyak Kriteria Logika OR-AND

Rumus Database Excel Dengan Multi Kriteria

Selain menggunakan rumus database dengan sebuah kriteria, anda juga bisa menggunakan fungsi database untuk melakukan perhitungan dengan 2 kriteria, 3 kriteria, atau banyak kriteria apapun sesuai yang anda butuhkan.

Secara umum kasus-kasus rumus excel yang melibatkan banyak kriteria biasanya menggunakan 2 jenis fungsi logika, yakni logika OR, logika AND atau gabungan keduanya sekaligus (AND-OR/OR-AND).

Untuk lebih memahami perbedaan kedua fungsi Logika ini bisa anda baca pada halaman tutorial excel berikut: Perbedaan fungsi AND dan OR Excel.

Jika anda sudah membaca tutorial excel sebelumnya tentang , tentunya anda sudah tahu bahwa kriteria untuk fungsi database dituliskan pada range tertentu sehingga dalam banyak kasus kita tidak perlu lagi menggunakan fungsi OR atau fungsi AND secara langsung.

Lalu bagaimana menerapkan rumus database dengan 2 kondisi, 3 kondisi atau sebanyak kriteria yang ditentukan?

Mari kita lanjutkan pembahasannya.

Komentar (0)

Posting Komentar