Cara Menghitung Persentase (%) di Excel
Bagaimanakah cara menghitung persen di excel?
Menghitung persentase atau persen tidak bisa dipisahkan saat mengolah serta menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh hasil analisa data yang disajikan.
Selain itu banyak juga perhitungan pada microsoft excel yang melibatkan rumus persen excel, semisal menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, persen komisi dan lain sebagainya.
Karena itulah pada pembahasan kali ini kelas excel akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana menghitung rumus persentase khususnya dengan microsoft excel.
Persentase dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa Inggris "percent" yang merupakan kependekan dari kata per centum yang berarti per seratus.
Bilangan persen dinyatakan dengan lambang satuan %.
Setiap bilangan angka pada dasarnya dapat dinyatakan sebagai rasio perbandingan dengan angka 1. Angka 0,5 misalnya, jika dinyatakan sebagai perbandingan, maka nilainya dapat ditulis sebagai 0,5/1.
Jika angka 0,5 dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus(persen) maka nilainya 50% yang didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100.
50% atau 50 persen artinya 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 = 0,50/1 = 0,50.
Lalu bagaimana cara menghitung persentase di Excel?
Komentar (0)
Posting Komentar