Fungsi/Rumus REPLACE, Cara Mengubah Beberapa Karakter Teks di Excel Dengan Teks Lain

Fungsi/Rumus REPLACE Excel - Cara Mengganti Sebagian Karakter Teks di Excel

Rumus REPLACE Excel - Apakah anda sedang bingung untuk mengubah sebuah teks atau kata tertentu pada excel? Atau barangkali anda ingin menyisipkan kata atau menambahkan kata tertentu pada data teks excel yang sudah ada. Jika benar demikian maka anda sedang membaca tutorial excel yang tepat.

Fungsi Replace Excel

Pada Microsoft Excel, fungsi atau rumus Replace adalah fungsi yang digunakan untuk mengubah atau mengganti sebagaian karakter teks dengan teks lain berdasarkan informasi posisi atau urutannya dalam kalimat serta seberapa banyak karakter yang ingin dirubah atau diganti.

Fungsi ini mirip dengan fungsi SUBSTITUTE yang sudah dibahas sebelumnya.

Jika SUBSTITUTE mengganti teks berdasarkan informasi teks yang Anda berikan, Fungsi REPLACE akan merubah teks lama dengan teks lain berdasarkan informasi posisi karakter dan jumlah karakter pada teks yang akan diubah.

Apabila anda hendak mengganti sebuah kata atau teks pada excel, gunakan fungsi REPLACE jika anda tahu dimana posisi serta jumlah karakter teks tersebut. Apabila yang anda ketahui adalah teks yang akan di ubah atau diganti maka gunakan fungsi SUBSTITUTE.

Misal jika anda ingin mengganti kata "saya" dengan "aku" maka gunakan fungsi SUBSTITUTE. Jika hendak mengganti setiap teks mulai karakter ke 10 sebanyak 5 karakter maka gunakan fungsi REPLACE.

Komentar (0)

Posting Komentar